Tempat update ilmu dan informasi anda mengenai pengetahuan teknologi, komputer, internet, windows 8, blog, tips dan trik serta info gratisan

Perbedaan Sistem Operasi Windows 64 Bit Dan 32 Bit

Ditulis oleh Hertzer , Pada 10/22/2013 09:14:00 PM , Memiliki 65 comments
Di dalam dunia komputer terdapat istilah yang mungkin sering kita dengan yaitu sistem 32 bit dan 64 bit. Namun, apakah anda mengetahui perbedaan antara kedua sistem operasi tersebut? Mana yang sebaiknya di pakai pada komputer atau laptop anda? Jika anda belum mengetahui perbedaannya, saya akan menjelaskan beberapa perbedaan mendasarnya.

Apa bedanya 32-bit dengan 64-bit?

Istilah 32-bit dan 64-bit mengacu pada cara komputer prosesor (juga disebut CPU), menangani informasi. 64-bit versi Windows menangani sejumlah besar random access memory (RAM) lebih efektif daripada sistem 32-bit. Pada dasarnya sistem operasi 64 bit jauh lebih unggul dibanding dengan sistem 32 bit. Jadi, secara sederhana perbedaannya terletak pada jumlah informasi yang mampu ditangani oleh prosesor PC pada saat tertentu.

Sedangkan kata “bit” mengacu pada cara komputer menangani informasi dalam kode binary, dimana seluruh data dikenali sebagai serangkaian angka digit yang terdiri dari 1 atau 0. Masing-masing digit dihitung sebagai satu bit, yang artinya prosesor 32-bit dapat memproses 32 digit sekaligus.

Cara mengetahui komputer 32-Bit atau 64-Bit?

Caranya cukup beragam untuk mengetahui komputer 32-bit atau 64-bit dan saya akan memberitahukan beberapa cara yang mudah:
  1. Klik kanan pada start, klik file explorer, klik kanan pada computer, klik properties.
  2. Klik start lalu run, ketik "dxdiag" lalu enter, jika muncul pilihan klik yes. 
  3. Dll.

Manakah versi OS harus saya instal 32-bit atau versi 64-bit?

32 bit vs 64 bit

Untuk menginstal OS versi 64-bit anda harus mempunyai CPU yang mampu menjalankan Windows versi 64-bit. Manfaat menggunakan 64-bit sistem operasi paling jelas ketika Anda mempunyai RAM dalam jumlah besar yang terpasang pada komputer Anda (biasanya 4 GB RAM atau lebih). Karena sistem operasi 64-bit dapat memanfaatkan sejumlah besar memori yang lebih efisien daripada sistem operasi 32-bit. Sistem operasi 64-bit dapat lebih responsif ketika menjalankan beberapa program pada waktu yang sama dan sering beralih antar program.

Ada pula batasan matematis yang signifkan terhadap dua jenis prosesor. Prosesor 32-bit hanya dapat bekerja dengan kapasitas memori maksimal mencapai 4GB dan ini biasanya dibatasi 2GB untuk setiap satu DIMM memory. Sementara prosesor 64-bit secara teori, dapat bekerja dengan kapasitas memory hingga 17 juta GB. Prosesor 64-bit juga mampu menangani tugas hingga dua kali lebih cepat.

Keterbatasan memori untuk prosesor 32-bit mulai terlihat jelas ketika Windows Vista, yang memerlukan memory kapasitas besar dan kerap kesulitan menjalankan beberapa program secara bersamaan, bahkan bila menggunakan memory dengan kapasitas penuh hingga 4GB sekalipun.
Baca : Perbedaan KBps dan Kbps, Byte dan Bit serta Konversinya
Sebelumnya, mustahil setiap satu program memerlukan lebih dari 2GB memori, namun beberepa video game modern kini telah melebihi batas tersebut. Alasan inilah yang membuat prosesor 64-bit menjadi sangat pupuler, sehingga jumlah pelanggan yang tertarik untuk membeli sistem operasi 64-bit makin meningkat.

Windows edisi 64-bit dapat menjalankan sebagian besar software yang dirancang untuk edisi 32-bit melalui modus kompatibitas khusus, namun hasilnya bisa sangat bervariasi. Menggunakan sistem operasi 64-bit juga bisa menimbulkan sedikit masalah pada driver, yang merupakan bagian kecil software untuk mengkordinasi setiap perangkat hardware dengan sistem operasi.

Apa kesimpulannya?

Jika komputer anda hanya memiliki RAM 4 GB atau kurang, lebih baik memakai OS 32-bit, terutama notebook yang rata-rata hanya memiliki 2 slot memory yang 1 slotnya hanya terisi maksimal 2 GB saja, untuk driver biasanya perusahaan notebook hanya menyediakan driver 32-bit saja.

Jika komputer anda memiliki RAM di atas 4 GB, silakan memakai OS 64-bit, dengan catatan anda tidak dapat menggunakan beberapa hardware lama yang drivernya tidak tersedia oleh produsennya. OS 64-bit hanya berguna untuk bekerja berat, seperti merender 3Ds Max, pokoknya yang berat-berat.
www.bhinneka.com/bpost_detail/perbedaan_sistem_operasi_32_bit_dengan_64_bit.aspx
http://histla.com/?p=797
Bantu share artikel ini:

Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Hertzer

Perbedaan Sistem Operasi Windows 64 Bit Dan 32 Bit

Ditulis oleh Hertzer , Pada Jam 10/22/2013 09:14:00 PM

Kategori Komputer

Komentar 65 comments

HATI-HATI BAHAYA COPY PASTE!!!

Dilarang meng-copy paste artikel ini tanpa izin!

Jika anda ingin meng-copy artikel ini mohon disertai link ke blog ini.
65 comments Add a comment
Owh ya ya ya heheheh terima kasih atas infonya kang.... :) Emmm,, kalau lapi saya ini 32 bit... :v tapi herannya mengapa semua istilah dalam komputer itu selalu menggunakan bilangan pangkat/kelipatan 2 ya.... >.< Mulai dari 2, 4, 8, 16, 32, 64, 128
mungkin dengan kelipatan akan mempermudah kinerja laptop..
Delete
komputer bekerja dengan sistem digital, bukan analog yang mana nilai dari sistem digital adalah 0 dan 1 yang bisa disebut bilangan biner
sehingga untuk mempermudah digunakan lah angka kelipatan 2
10 biner=2 desimal
100 biner =8 desimal
1000 biner =16 desimal
dst
Delete
Reply Delete
Lengkap!
Mudah Di Pahami!

Reply Delete
wah mksih infonya ya gan... nambah ilmu nih ^^
Reply Delete
RAM ane 2GB diinstallnya 64 bit,beratnya minta ampuunn.!!!
ya jelaslah.. kan stardar untuk 64 bit itu RAM 4GB
Delete
Reply Delete
Mau nanya spek laptop ane :
Core i3
Ram 2Gb
Processor 2,5Ghz

Labih baik pake yang 32bit atau yang 64bit? Mohon pencerahanya. Makasih
Lebih baik pakai 32 bit.
Delete
Reply Delete
kalau sudah dari bawaannya windows 8 Ori 64 bit dengan spek core i3 RAM 2 GB DDR3 VGA Nvidia.
kalau mau dual boot nanti pakai 64 bit atau 32 bit mas ? #linux
Kalau saya sih gak merekomendasikan PC untuk dual boot, karena akan memakan memori yang banyak (local disk C) dan itu juga mempengaruhi kinerja PC.

Kalau terpaksanya mau dual boot, pakai yang 32 bit saja.
Delete
Reply Delete
mau nanya kalau ram bawaannya 3 GB bisa di tambah lagi???..... Menjadi 4 GB atau lebih.
Bisa banget gan..
Delete
Reply Delete
bang ane pake
aspire 4752
corei3 2.20 GHz
RAM nya awalnya 2GB tapi ane tambah 4GB jadi,
RAM 6GB
VGA nya lupa dah, NVDIA pkonya
skarang lagi pake OS 32 bit.
kira2 ane mesti ganti OS 64 kaga bang??
coba saja ganti.. speknya mendukung kok..
Delete
Reply Delete
mantap ni gan, nambah ilmu... thank :)
Reply Delete
mau nanya kalau saya pake accer tipenya lupa
core i5 2,5GHz
RAM bawaan 2GB
tulisan di laptopnya pokoknya grafis2 gtu skrng OS 32 bit, kira2 ganti yang 64 bit apa aja yang diganti? dan kalau tetap 32 bit max RAM brp GB yang bagus?
Kalau mau dijadikan OS 64 bit paling tidak RAM harus 4 GB (minimal)

Kalau tetap 32 bit tidak ada batas max RAM.. tapi baiknya ketika laptop/ komputer RAM di atas 4GB lebih baik pakai OS 64 bit.
Delete
Reply Delete
ane os nya 32-bit tapi dari asusnya hanya disediain driver 64-bit only dan udah ane instal berhasil , tapi kira kira suatu saat lagi make enak enak itu eror ga ya ? ram ane 2gb
Coba kontak pihak asusnya aja.. Minta driver yg 32 bit..
Delete
lepi ane core i3 ram 2GB Os 64, lancar jaya tuh, inti.a bergantung lepi2 nt smua gan, min 2GB lah buat standar.a,. :)
Delete
penggunaan 32/64 bit sekilas memang tidak terlihat bedanya (apa lagi untuk yg belum pernah membandingkannya). saya juga pake 64 bit padahal RAM cuma 3GB, tapi ada efek yg kurang maksimal yaitu performa sedikit menurun dibandingkan saat menggunakan 32 bit. nah, jadi bukan soal lancar atau tidaknya, melainkan seberapa efektif penggunaan sistem tersebut untuk laptop. dan rekomendasi batasnya yaitu 4 GB RAM untuk yg 64 bit
Delete
Reply Delete
bang ane mau tanya ane kena virus sality di window XP , trs ane ganti jadi win 7 64 bit.
win 7 64bit bisa kena virus sality tidak? Trims
Selama masih menggunakan Microsoft windows, ya masih bisa terserang virus.. 64 bit atau 32 bit itu bukan menjadi alasan tidak terkena virus..
Delete
kak mau tanya saya kan kuliah di jurusan komputer nah kabanyakan program di kampus gabisa support ke laptop itu gara2 apa ya? apa software nya atau gmn? terus klo udh kaya gt bgusnya ganti jd 32 bit atau download aja software khusus 64bit makasih.
Delete
Tergantung dari permasalahannya..

Kalau masalahnya beda bit nya, seperti ini. Software 32 bit bisa di instal di laptop dengan OS 64 bit.. Tapi software 64 bit tidak bisa di instal ke laptop dengan OS 32 bit.. itu yg saya alami..

Masalah lain bisa karena memang spesifikasi laptopnya yg tidak support softwarenya.. contoh : tidak ada .net framework, dll.
Delete
Reply Delete
ane unya acer 4738Z ram 2GB di instal OS 64 bit lancar2 aja tuh... sma kayak wktu pke OS 32 bit..
Pasti ada perbedaannya gan.. kalaupun gak terasa itu karena prosesornya yg bagus..
Delete
siang gan ane ada lepi hp cq43 ram 2 gb, kalo mau dipasang yg 64 bit apa maksa bgt? apa minplusnya kalo ttp kupasang yg 64 bit gan..
Delete
Min : berat performanya..
Plus : bisa instal software untuk 64-bit maupun 32-bit
Delete
gan mau tanya ni lepi ane kan lenovo thinkpad t400.
prosesor core duo
ram 2gb
hdd 160 gb
vga intel chipset family 804mb
nah....permasalahnnya kalo ane mau maen game hd agak berat.
ada solusi gak gan biar performa grafiknya lebih lancar.
trus bisa tambah vga gak,soalnya ada express cardnya??
Delete
Reply Delete
Mau tanya, Ram saya 2 gb, Core i3, 500gb HDD, Prossesor x64, bagusnya pakai os 32 bit atau 64 bit?

Bukankah jika Prossesor 64 bit akan lebih optimal dengan OS 32 64 bit? karena jika menggunakan OS 32 bit akan ada 32 bit Register Prossesor yang mengganggur
benar.. itu karena dari sananya udh terinstal yg 64bit, jadi pakai aja yg 64bit.. tapi lebih baik ramnya di upgrade :)
Delete
Reply Delete
Laptop saya Asus X452E ram 2 gb ... driver bawaan hanya utk win 8 - 64 bit
saya pingin install win 7 - 32 bit ... bisa tidak ya saya pake driver yg utk 64 bit
soalnya saya cek di situs asus yg ada hanya utk 64 bit

trima kasih sebelumnya
wah kurang tau klo itu gan..
Delete
Reply Delete
Lebih lucunya lagi saya melihat Tread orang lain
Dia punya memory RAM Terinstall 1GB
tapi ia memakai 64 BIT
Wkwkwkwkw.........
Reply Delete
oh pantesan gan.
ane punya lepi yg ram nya 2GB.
terus waktu ane pake windows 7 32 bit, main game berat kaya Prototype2 & Assassin's Creed 2 itu lancar jaya, tapi waktu instal ulang win 8.1 pro 64 bit, jadi agak lag gitu :3 . berarti itu gara2 instal yang 64 bit yah :v ? berarti ane harus ganti jadi 32 bit dong :o ? terima kasih
Reply Delete
laptop temen ku pake 64bit, Ram 8GB, quadcore, buat main game berat masih agak ngelag,...
pertanyaannya: apakah di 64bit system kalau buat ngejalanin aplikasi/ game berat jadi kinerjanya juga berat juga?
padahal itu RAM 8GB processornyajuga sudah quad core,..
kalo dasarnya emng game berat ya tetep berat gan.. klo gak kurang perawatan.. coba ini http://www.hertzer.web.id/2013/12/cara-merawat-laptop-agar-tetap-awet.html
Delete
Reply Delete
Misi gan mau tanya....
Notebook ane acer e422 bawaannya win 8 pro 64 bit lancar" aja.... pas instal ulang win 8.1 64bit adi cepat panas dan sedikit lelet.
RAM nya selalu penuh... padahal sebelumnya cuma 78% terpakai...
RAM ane 2GB.
Itu kenapa ya gan?
Ya jelas, itu karena bukan pada tempatnya.. kan sudah dibilang klo pake 64bit paling tidak RAMnya itu 4GB
Delete
Reply Delete
bisa gak gan laptop w windows 7 ultimate 32 bit diganti dengan windows 8 64 bit tanpa kehilangan data or games and tanpa CD driver 64 bit
laptop Lenovo
processor: Intel(R) Core(TM)i5-3230M CPU @2.60 GHz(4 CPUs),~2,6 GHz
RAM:4 gb(usable 3.11 gb).
Sorry for disturbing
kemungkinan sih masih bisa.. tapi kemungkinan lain datanya gak cocok karena beda bit nya..
Delete
apakah komputer bisa menjadi semakin lambat jika di64 bit ram w 4 gb??
Delete
akan lebih lambat dari sebelumnya..
Delete
Reply Delete
Kang, saya punya laptop acer AspireE1-470G, saya install ulang menggunakan OS Win7-32bit, untuk install driver awalnya saya menggunakan CD bawaan pabrikannya cuma selalu gagal (This graphics driver could not find compotible graphics hardware), saya coba pake driverpack ternyata bisa tapi ada 1 yang gagal tidak terinstall yaitu 3D Video Control, saya coba pake CD orinya ttp tidak bisa kira-kira kenapa ya, kang, apa harus pake os 64bit? Terima kasih sebelumnya.
Disesuaikan seperti awal belinya saja..
Delete
Reply Delete
Saya mau nanya laptop saya memiliki ram 4 GB sebaiknya memakai windows 64bit atau 32bit ??. Mohon bantuannya
keduanya bisa.. tapi mending 32bit agar tidak terlalu membebani atau disesuaikan dengan awal pembelian laptopnya..
Delete
Reply Delete
Mau tanya, Laptop saya kan RAM 4GB, tp saya cek "Installed memory RAM : 4GB (2GB usable)" win7 starter 32 bit, nah kadang kalo maen game gk bisa kluar tulisan "not enough resources" nah itu sebaiknya saya pake 32bit / 64 bit biar RAM saya kebaca??? #Mohon pencerahannya :D
pakai bawaannya saja gan.. tapi untuk ram 4gb itu udh bisa pake 64bit
Delete
Reply Delete
Gan punya saya ram 3GB pake 64bit, tapi buat game kok agak susah ya. Mohon pencerahanya.
ya jelas, kan belum sepantasnya pakai 64 bit
Delete
Reply Delete
gan ram ane 3GB, processornya AMD turion(tm) 64 mobile tekhnogy MK-36, ~2.0Ghz, kira2 klo ane ganti 64 bit ada masalah gak?
sebenarnya gak ada masalah, hanya saja komputer akan bekerja lebih lambat dari sebelumnya (jika dulu pakai 32bit)
Delete
Reply Delete
kalo lappy RAM 2GB dan VGAnya 1GB NvidiaGeforce mau di instal 64bit menurut agan gimana? soalnya lappy sering digunain buat grafis dan multimedia
Kalau ada dana, upgrade RAMnya.. kasihan juga laptopnya klo RAM 2 GB buat aplikasi grafis..
Delete
Reply Delete
laptop ana ram nya 4GB bagus nya pake 64bit ato 32bit
64 bit cocok..
Delete
Reply Delete
Gan mau nnya,, saya mau beli laptop ram 4gb tpi msih terinstal windows 7 32 bit ori tpi saya mau gnti ke 64 bit tpi windows 7 yg gk ori,lbih baik gmna ini gan saya tetap pke yg 32bit atau ganti ke 64 bit? Mohon pencerahan nya
Saran sih pakai yg 32 bit aja.. soalnya RAM baru memenuhi syarat minimal 64 bit..
Delete
Reply Delete
Gan laptop ane asus x 45u 1.65 ghz ram 2gb tp udh bawaannya 64 bit... Trus minta saran gan ane musti ganti ke 32 gak gan?
kalau misal dipake berat mending ganti aja..
Delete
Reply Delete
terimakasih kakak, sungguh banyak membantu, sekarang saya jadi tau lebih banyak
Reply Delete

Harap Baca Sebelum Komentar
=======================
- Sebelum berkomentar like, tweet, +1, share, follow google plus dulu ya
- Dilarang promosi/live link
- Dilarang berkata kotor
- Dilarang OOT (komentar yang tidak relevan tidak akan saya tampilkan)
- Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
=======================
TERIMA KASIH

Bck
Cancel Reply
Copyright © 2012- Blog Hertzer ZonE
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->