Tempat update ilmu dan informasi anda mengenai pengetahuan teknologi, komputer, internet, windows 8, blog, tips dan trik serta info gratisan

Daftar Nama OS Android Lengkap Dan Update

Ditulis oleh Hertzer , Pada 10/05/2021 04:31:00 PM , Memiliki 6 comments
Sistem operasi besutan Google yang satu ini menjadi sistem operasi paling populer pada saat ini. Berbicara mengenai Android, apakah anda tahu tentang sejarah perkembangan Android? Jika belum, maka anda akan mendapatkan informasinya disini. (Baca: Sejarah Sistem Operasi Android).
Daftar Nama OS Android Lengkap dan Update
Nama-nama setiap versi setiap android selalu dibuat menarik dan seperti inilah daftar nama sistem operasi Android dari awal hingga sampai saat ini :

1. Android Versi 1.0 (No Codename)

Android memang diluncurkan pertama kali pada tahun 2007, namun sistem operasi ini mulai dirilis dan diterapkan ke berbagai gadget pada tanggal 9 Maret 2009 silam. Versi android 1.0 sendiri pertama kali dirilis pada 23 September 2008. Android versi 1.0 sama sekali tidak diberi kode nama oleh pihak Google. Android 1.0 lebih sering dikenal dengan "No Codename".

2. Android Versi 1.1 (Petit Four)

Android versi 1.1 ini dirilis pada 9 Februari 2009. Android versi 1.1 merupakan Android awal yang dimana versi ini baru memberikan sentuhan dibeberapa aplikasinya seperti sistem antar muka bagi pengguna (user interface) yang lebih baik, serta beberapa aplikasi yang lain.

3. Android versi 1.5 (Cupcake)

Pada bulan April 2009 Android kembali mengalami perubahan versi. Android versi 1.1 kemudian disempurnakan dengan Android versi 1.5 atau yang dikenal sebagai Android Cupcake. Perubahan yang terjadi pada sistem operasi Android Cupcake bisa dibilang cukup banyak. Diantaranya adalah sistem fasilitas mengunggah video ke Youtube, aplikasi headset nirkabel bluetooth, tampilan keyboard dilayar, serta tampilan gambar bergerak yang lebih atraktif.

4. Android versi 1.6 (Donut)

Android Donut (versi 1.6) diluncurkan dalam tempo kurang dari 5 bulan semenjak peluncuran perdana Android Cupcake, yaitu pada bulan September 2009. Android versi Donut memiliki beberapa fitur yang lebih baik dibanding dengan pendahulunya, yakni mampu menayangkan indikator baterai pada ponsel, pengguna dapat memilih dan menentukan file yang akan dihapus, zoom-in zoom-out gambar dengan membaca gerakan serta arah gerakan tangan (gesture), penggunaan koneksi CDMA/EVDO, dan lain sebagainya.

5. Android versi 2.0-2.1 (Eclair)

Masih ditahun yang sama tepatnya pada 26 Oktober 2009, Android kembali merilis operating sistem versi terbarunya, yaitu Android versi 2.0 Eclair. Android Eclair diluncurkan oleh Google 1 bulan setelah peluncuran Android versi 1.6. Dengan meluncurkan 4 versi ditahun yang sama, akhirnya begitu banyak perusahaan pengembang gadget atau handset yang mulai tertarik untuk menggunakan dan mengembangkan Android sebagai platform utama yang digunakan untuk handset-handset terbaru mereka. Inilah dimana era kebangkitan Android yang sempat mendobrak doktrin penggunaan sistem layar yang awalnya dipandang kurang user friendly bagi pengguna.

6. Android versi 2.2-2.2.3 (Froyo: Frozen Yoghurt)

Butuh waktu cukup lama bagi Google untuk melakukan regenerasi dari Android Eclair versi sebelumnya ke versi Froyo Frozen Yoghurt. Pada tanggal 20 Mei 2010, Android versi 2.2 alias Android Froyo ini dirilis. Sistem operasi dengan julukan Froyo ini melakukan beberapa update dan juga pembenahan seputar aplikasi serta tampilannya. Keinginan untuk bisa menempatkan sebuah kartu ekspansi berbentuk slot Micro SD berkapasitas besar sudah bisa diwujudkan oleh OS versi ini.

7. Android versi 2.3-2.3.7 (Gingerbread)

Setelah 7 bulan kemudian tepatnya pada 6 Desember 2010, Android kembali melakukan gebrakan dengan merilis kembali Android versi 2.3 atau yang dikenal sebagai Android Gingerbread. Dari segi tampilan Gingerbread jauh lebih atraktif dan sudah mampu mendukung fitur dual kamera untuk melakukan video call. Bukan hanya itu saja, Android Gingerbread juga mulai mengkonsentrasikan kepada kemampuan untuk meningkatkan mutu aplikasi-aplikasi permainan berbasis mobile android.

8. Android versi 3.0-3.2.6 (Honeycomb)

Pada bulan Februari 2011 Android versi 3.0 atau Android Honeycom dirilis. Android Honeycomb merupakan sebuah sistem operasi Android yang tujuannya memang dikhususkan bagi penggunaan tablet berbasis Android. Halaman pengguna (user interface) yang digunakan pada Android versi ini juga sangat berbeda dengan yang digunakan pada smartphone Android. Hal tersebut tentu saja disebabkan oleh tampilan layar yang lebih besar pada tablet serta untuk mendukung penggunaan hardware dengan spesifikasi yang lebih tinggi yang digunakan pada perangkat tersebut.

9. Android versi 4.0-4.0.4 (ICS: Ice Cream Sandwich)

Android ICS atau Ice Cream Sandwich juga dirilis pada tahun yang sama dengan Honeycomb, yaitu pada bulan Oktober 2011. Begitu banyak fitur-fitur terbaru yang disematkan pada sistem operasi ini, antara lain yaitu fitur yang memaksimalkan fotografi, grafis dan resolusi gambar, kualitas video, sistem pengenal wajah dan masih banyak lagi lainnya.

10. Android versi 4.1-4.3.1 (Jelly Bean)

Android Jelly Bean merupakan versi Android yang terbaru yang dirilis pada Juli 2012. Salah satu gadget yang menggunakan sistem operasi Jelly Bean adalah Google Nexus 7 yang diprakarsai oleh ASUS, vendor asal Taiwan yang juga menjadi teman satu kampung halaman dengan Acer. Fitur terbaru dari sistem operasi Android Jelly Bean ini salah satunya adalah peningkatan kemampuan on-screen keyboard yang lebih cepat serta lebih responsif, dan beberapa fiture keren lainnya.

11. Android versi 4.4-4.4.4 (KitKat)

Kehadiran android kitkat merupakan pelucuran produk OS anyar yang dilucurkan pada Oktober 2013, sebelumnya banyak kabar beredar jikalau android akan meluncurkan OS baru yang bernama Android Key Lime Pie namun setelah di analalisa tidak sesuai dengan ejaan orang umum, sehingga namanya diganti dengan nama Android KitKat yang sebagian besar orang sudah familiar dengan itu seperti yang dilangsing BBC dalam wawancaranya dengan John Lagerling selaku perwakilan dari google. (Baca: Keunggulan OS Android Versi KitKat 4.4).

12.  Android 5.0-5.1.1 (Lollipop)

Diperkenalkan di bawah codename "Android L" pada 25 Juni 2014. Dan dirilis dengan nama Android Lollipop pada 12 November 2014.

13. Android 6.0-6.0.1 (Marshmallow)

Kira-kira Android 6.0 resmi diluncurkan sekitar bulan Oktober tahun 2015 dengan nama Android Marshmallow.

14. Android 7.0-7.1.2 (Nougat)

Di perkenalkan pada bulan Agustus 2016, android yang di beri nama Android Nougat ini merupakan salah satu versi Android termutakhir yang di kembangkan oleh google.

15. Android 8.0-8.1 (Oreo)

Kira-kira Android 8.0 resmi diluncurkan pada tanggal 21 agustus tahun 2017 dengan nama Android Oreo.

16. Android 9.0 (Pie)

Versi android ke 9.0 baru diumumkan oleh Google pada 7 Maret 2018 dengan kode nama "Android P". Dan rilis beta pada 8 Mei 2018. Untuk rilis resmi ke pasar belum diketaui dan mungkin akan bersamaan dengan pemberitahuan nama versi android ke 9 ini. Hayo? Kira-kira ada yang tau akan dirilis kapan dan diberi nama apa OS Android 9.0? Yang jelas, kode nama OS android 9.0 akan berawal dengan huruf P. Mungkin Pie, Pancake, ParfaitPopsiclePastry, Praline atau juga nama makanan lezat lainnya. Kita tunggu saja rilis resminya.

Pada tanggal 6 Agustus 2018, akhirnya pihak android resmi merilis Android 9.0 dengan nama Android Pie.

17. Android 10.0?

Tiba giliran untuk menebak apakah nama untuk sistem operasi android 10. Yang seperti kita ketahui bahwa pihak android selalu memberi awalan nama semua sistem operasinya berurutan sesuai abjad (kecuali android 1.0 dan 2.0). Dan oleh karena itu, android 10.0 tak lain juga akan diberi nama sesuai abjad setelah huruf "P" dan artinya android 10.0 akan diberi nama dengan awalan huruf "Q". Apa nama yang memungkinkan sebagai nama sistem operasi android 10.0? Adapun kemungkinan namanya yaitu: Quaker OatQuail, Quindim, Qottab atau juga nama makanan lezat yang lainnya. Kita tunggu saja tanggal rilis resmi dari pihak android.

Pada tanggal 3 September 2019, akhirnya pihak android resmi merilis sistem operasi android 10.0 tanpa nama unik lagi melainkan tetap menggunakan nomor versi android 10 yakni 10. Selanjutnya untuk nama android 11 dan 12 sama seperti android 10 tanpa menggunakan nama makanan. Yah, dari sini menebak nama sistem operasi android sudah tidak asyik lagi. Akankah pihak adroid akan kembali menamai versi android mereka dengan nama makanan lagi?

Android memang telah menjadi smartphone yang paling banyak di gunakan di jaman ini dengan harganya yang lumayan terjangkau membuat masyarakat tergiur untuk membelinya. Tentunya versi-versi ini akan semakin canggih setiap tahunnya dan akan bermunculan versi-versi dengan nama yang lebih unik lagi.
https://en.wikipedia.org/wiki/Android_version_history
https://www.kaskus.co.id/thread/523194063c118eb64b000006/menebak-nama-android-versi-terbaru/
Bantu share artikel ini:

Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Hertzer

Daftar Nama OS Android Lengkap Dan Update

Ditulis oleh Hertzer , Pada Jam 10/05/2021 04:31:00 PM

Kategori Android , Perlu Tau , Teknologi

Komentar 6 comments

HATI-HATI BAHAYA COPY PASTE!!!

Dilarang meng-copy paste artikel ini tanpa izin!

Jika anda ingin meng-copy artikel ini mohon disertai link ke blog ini.
Next Older Post
6 comments Add a comment
Android has indeed become the most widely used smartphone in this era with a fairly affordable price to make people tempted to buy it.
Reply Delete
Benar tebakan Admin web ini, android 9.0 adalah android Pie!
Ayo ditebak untuk nama android 10 apa?
Delete
Akankah dari huruf 'Q'?
Delete
Iya, awal huruf adalah 'Q'
Delete
Reply Delete
Ternyata banyak
Thun 2024 sekarang yang populer apa y
Reply Delete

Harap Baca Sebelum Komentar
=======================
- Sebelum berkomentar like, tweet, +1, share, follow google plus dulu ya
- Dilarang promosi/live link
- Dilarang berkata kotor
- Dilarang OOT (komentar yang tidak relevan tidak akan saya tampilkan)
- Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
=======================
TERIMA KASIH

Bck
Cancel Reply
Copyright © 2012- Blog Hertzer ZonE
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->