Tempat update ilmu dan informasi anda mengenai pengetahuan teknologi, komputer, internet, windows 8, blog, tips dan trik serta info gratisan

Cara Merawat Baterai Laptop Yang Baik Agar Awet

Ditulis oleh Hertzer , Pada 11/15/2013 10:17:00 AM , Memiliki 6 comments
Baterai laptop yang cepat rusak sudah menjadi keluhan sebagian pengguna laptop. Hal ini kebanyakan karena perawatan baterai yang tidak sesuai ketentuan pabrik. Lalu bagaimana cara merawat baterai laptop yang benar sesuai ketentuan pabrik?

Di sini saya akan berusaha membantu anda untuk merawat baterai laptop anda agar awet dan tahan lama. Tetapi saya tidak akan memberikan tips berdasarkan ketentuan pabrik karena ketentuan-ketentuan itu berbeda-beda antar merek.

Saya akan memberikan tips untuk merawat baterai laptop anda sesuai pengalaman pribadi dan beberapa tips yang banyak dilakukan orang. Untuk lebih jelasnya mari kita simak beberapa tips untuk merawat baterai laptop dari saya ini :

1. Mengisi Baterai Setelah Membelinya

Hal pertama yang harus anda lakukan setelah membeli barang elektronik yang berbaterai yaitu mengisi baterainya. Mengapa demikian? Karena pada dasarnya baterai yang sudah lama tidak digunakan karena tersimpan di gudang cukup lama akan lebih baik jika dicharge terlebih dahulu. Biasanya baterai dicharge sesuai ketentuan yang ada di buku panduan atau setidaknya sampai full dan setelah full jangan langsung dilepas chargernya, sebaiknya anda lebihkan 1-3 jam setelah full. Ini merupakan pengalaman saya sendiri, mengenai alasan sebenarnya saya sendiri menganggap baterai yang dicharge lebih lama pada pertama kali setelah tidak dipakai akan membuat kualitas baterai bagus.

2. Gunakan Fitur Bawaan Pada Laptop Untuk Menjaga Baterai

Untuk trik yang satu ini mungkin sedikit membingungkan, di sini maksud saya yaitu menggunakan fitur bawaan pada laptop anda. Sederhananya seperti ini, pihak pembuat laptop pasti akan melakukan inovasi-inovasi baru apalagi sudah banyak keluhan mengenai baterai laptop yang cepat rusak. Seperti halnya laptop dari Lenovo yang saat ini saya pakai.
Baca : 5 Cara Merawat Baterai Laptop atau Notebook
Di laptop yang saya pakai ada fitur bawaan dari Lenovo yang berfungsi agar pada saat pengisian baterai tidak akan pernah full, jadi pada titik tertentu (misal baterai dicharge dan mencapai 79%) maka otomatis baterai tidak akan mengisi lagi dan merubah listrik yang masuk langsung ke laptop (mirip melepas baterai tapi otomatis). Perhatikan gambar!

Baterai Not Charging

Fitur ini tidak di semua laptop ada, namun untuk laptop-laptop keluaran baru kebanyakan sudah memberikan fitur ini pada laptopnya.

3. Jangan Mengisi Baterai Melebih Dari Ketentuan

Untuk ketentuan pengisian baterai biasanya ada pada buku panduan dan beda merek beda juga lama pengisian baterainya. Jangan pernah mencabut charger sebelum baterai itu penuh ataupun terlalu lama mengisi baterai. Karna baterai ini seperti halnya manusia, jika terlalu lama mengisi baterai akan berdampak seperti manusia yang over training. Sekedar tambahan saja, ketika baterai dicharge perhatikan listrik yang dikonsumsi oleh adaptor. Tegangan listrik yang tidak stabil akan membuat adaptor rusak dan performa dari baterai Menurun.

4. Hindari Menggunakan Laptop Pada Saat Pengisian

Hal ini sangat sering dilakukan oleh banyak orang termasuk saya sendiri pernah melakukan hal ini. Salah satu alasan yang kuat mengapa mengoperasikan laptop pada saat pengisian biasanya yaitu karena ketanggungan, benar-benar membutuhkan atau bahkan sangat darurat. Sebenarnya untuk hal ini memang sangat baik dihindari, tapi saya yakin banyak yang tidak bisa menghindari hal ini. Tapi satu hal yang sangat saya larang yaitu mengoperasikan laptop untuk bekerja keras saat pengisian, contohnya untuk bermain game atau hal lain yang cepat membuat laptop panas.

5. Lepas Baterai Jika Main Game

Ini trik yang menurut saya sudah banyak dilakukan, tapi di sini saya memberi saran agar menyesuaikan dengan kondisi di sekitar. Misalnya saja jika anda berada di lingkungan yang sering mati listrik sebaiknya menghindari hal ini karena ketika mati listrik secara otomatis laptop akan mati secara paksa dan dalam jangka panjang laptop akan cepat rusak.

6. Jangan Melakukan Charger Discharger

Hal ini sebenarnya sudah cukup sering dilakukan oleh banyak orang. Biasanya orang-orang akan mengisi baterai laptop sampai penuh dan mencabut chargernyasetelah penuh, lalu ketika baterai hampir habis mengisinya kembali.

7. Jangan Pernah Menggunakan Baterai Sampai 0%

Jangan pernah mengkosongkan isi baterai sampai 0% karena akan berdampak buruk bagi baterai. Hal ini bisa dikatakan cukup sering dilakukan orang-orang dan saya pun sudah cukup sering melihat dan mengetahui orang-orang mengkosongkan isi baterai hingga 0%.

8. Pastikan Suhu Di sekitar Laptop Tidak Panas

Suhu merupakan faktor yang cukup berpengaruh terhadap baterai laptop. Karena suhu yang terlalu panas akan mengganggu kinerja baterai dan dapat mengakibatkan penurunan performa baterai.
Itulah beberapa tips dari saya yang menurut saya pribadi sangat membantu dalam merawat dan memperpanjang umur baterai laptop. Jika masih ada hal yang cukup penting dalam merawat baterai laptop silahkan tambahkan melalui komentar.
Bantu share artikel ini:

Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Hertzer

Cara Merawat Baterai Laptop Yang Baik Agar Awet

Ditulis oleh Hertzer , Pada Jam 11/15/2013 10:17:00 AM

Kategori Laptop , Serba 8 , Tips and Trick

Komentar 6 comments

HATI-HATI BAHAYA COPY PASTE!!!

Dilarang meng-copy paste artikel ini tanpa izin!

Jika anda ingin meng-copy artikel ini mohon disertai link ke blog ini.
6 comments Add a comment
Ok gan..
https://www.facebook.com/pages/Tutorial-Komputer-dan-Software/570649742977253
Reply Delete
Keren infonya, sangat bermanfaat :)
aldirahmanuntoro.blogspot.com
Reply Delete
Wah ternyata selama ini ane salah :v terimakasih sudah posting bermanfaat seperti ini. :)
Reply Delete
tips yang sangat bermanfaat gan terutama bagi para gemers
Reply Delete
Tanya donk min, kebetulan juga saya pake laptop yg sama.
Untuk pengaturan cabut batre otomatis itu, bisa di atur gak ?misal.. dari 79% menjadi 80/90%.. trims
Setahu saya dulu sih gak ada.. Belum sempat obrak-abrik pengaturannya.
Delete
Reply Delete

Harap Baca Sebelum Komentar
=======================
- Sebelum berkomentar like, tweet, +1, share, follow google plus dulu ya
- Dilarang promosi/live link
- Dilarang berkata kotor
- Dilarang OOT (komentar yang tidak relevan tidak akan saya tampilkan)
- Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
=======================
TERIMA KASIH

Bck
Cancel Reply
Copyright © 2012- Blog Hertzer ZonE
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->