Tempat update ilmu dan informasi anda mengenai pengetahuan teknologi, komputer, internet, windows 8, blog, tips dan trik serta info gratisan

Cara Agar PC Tidak Lemot Dan Bekerja Lebih Cepat

Ditulis oleh Hertzer , Pada 11/20/2013 10:41:00 AM , Memiliki 12 comments
PC yang memiliki kinerja super cepat merupakan dambaan banyak orang termasuk orang yang baca artikel saya ini. Memang sedikit sulit untuk membuat PC tetap memiliki performa yang tangguh, apalagi spesifikasi PCnya kurang mendukung. Kinerja PC pada dasarnya sangat terpengaruh spesifikasi PC atau laptop tersebut. Namun sebenarnya kita bisa membuat kinerja PC tetap stabil meskipun sudah kita gunakan bertahun-tahun.

Untuk membuat PC memiliki kinerja yang stabil selama bertahun-tahun ada beberapa hal yang harus kita lalukan. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan agar PC atau laptop tidak lemot dan bekerja lebih cepat :

Cara Agar PC Tidak Lemot dan Bekerja Lebih Cepat 1. Lakukan pembersihan secara berkala

Hal-hal yang perlu anda bersihkan antara lain empty recycle bin, clean registry, clean up browser, temporary file, caches, dll. Yang terpenting semua hal yang berbau junk file sesegera mungkin dibersihkan karena dapat membuat kinerja PC lambat. Untuk mempermudah menghapus data-data yang berbau junk file silahkan anda gunakan Tune Up Utilities. Silahkan anda cari dan d
ownload TuneUp Utilities di google.

2. Jangan simpan file pada Local Disk C

Secara tidak sengaja ketika kita mendownload apapun ke PC biasanya akan tersimpan ke Local Disck C. Karena pada defaultnya semua hasil download akan masuk ke local disk C. Namun kita bisa menyetel browser kita ataupun IDM agar secara otomatis menyimpan file di hard disk D atau lainnya. Untuk cara menyetelnya sendiri tidak akan saya jelaskan di sini, mungkin akan saya jelaskan pada artikel saya selanjutnya.

3. Uninstal program yang tidak penting

Banyaknya program atau software maupun game pada PC jelas memperberat kinerja PC. Hal ini karena program-program yang terinstal akan memakan cukup banyak memory pada local disk C yaitu hard disk dimana terinstal data-data file windows. Tapi beda lagi urusannya jika anda menginstal program tersebut pada hard disk selain tempat terinstalnya windows. Jadi sebaiknya uninstal program-program yang tidak penting dan jarang dipakai. Untuk melihat daftar program yang terinstal di PC silahkan buka Control Panel\Programs\Programs and Features.

4. Kurangi program-program yang memberatkan PC

Program-program yang memberatkan laptop dan memakan ruang pada hardisk bisa anda lihat di Control Panel\Programs\Programs and Features atau dengan menggunakan TuneUp Utilities.

5. Hindari penggunaan slide show pada desktop background

Penggunaan slide show pada desktop PC memang lebih menarik, namun disisi lain akan membuat PC bekerja semakin berat. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap performa PC itu sendiri. Penggunaan wallpaper dengan resolusi tinggi juga akan membuat kinerja PC sedikit lebih berat. Jadi, pilih desktop yang cantik dan keren atau pilih kinerja PC cepat? Silahkan anda pilih dan putuskan sendiri.

6. Gunakan tema klasik

Menggunakan tema klasik pada PC memang dapat membuat kinerja PC jadi cukup cepat, namun dengan mengubah tema menjadi klasik akan membuat tampilan PC menjadi kurang bagus. Mau pilih yang mana? Tampilan atau performa PC? Lagi-lagi harus memilih antara tampilan desktop dan performa, ya memang resikonya seperti itu.

7. Tambah atau upgrade RAM

Menambah RAM itulah yang saya lakukan untuk mempercepat kinerja laptop saya. Perbedaan kecepatan dan kinerja laptop saya cukup drastis dari sebelum ditambah dan setelah ditambah RAMnya. Jadi, jika anda ada uang lebih tambah saja RAM laptop anda.

8. Beli PC baru dengan spesifikasi yang bagus

Inilah cara yang paling ekstrim dan dijamin kinerja PC super cepat yang saya rekomendasikan untuk anda.

Memiliki PC yang sehat membuat kinerja PC stabil dan cepat, jadi rajin-rajinlah memperhatikan kondisi PC anda. Sebenarnya masih banyak faktor-faktor lain diluar ke-8 tips tadi, tapi saya tidak bisa menuliskannya sekarang. Mungkin akan saya posting pada artikel selanjutnya, atau jika ingin sekedar bertanya mengenai hal ini silahkan masuk ke Forum Diskusi Blog Hertzer ZonE.
Bantu share artikel ini:

Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Hertzer

Cara Agar PC Tidak Lemot Dan Bekerja Lebih Cepat

Ditulis oleh Hertzer , Pada Jam 11/20/2013 10:41:00 AM

Kategori Komputer , Laptop , Serba 8 , Tips and Trick

Komentar 12 comments

HATI-HATI BAHAYA COPY PASTE!!!

Dilarang meng-copy paste artikel ini tanpa izin!

Jika anda ingin meng-copy artikel ini mohon disertai link ke blog ini.
12 comments Add a comment
wah, trimakasih sob infonya ttg cara agar PC tidak lemot..
kalo saya sih rutin bersihkan file2 rusak aja dengan CCLeaner sob, biar file yg tidak dibutuhkan dibuang hehe
-keep blogging-
Emng menggunakan CCleaner juga bisa, tapi saya gak pakai itu soalnya saya sudah pakai TuneUp Utilities yang super komplit..
Delete
Reply Delete
Mantap gan,,, saya juga pakek TU.... blognya mantap,,
Sayang saya jarang otak atik blog.. jadinya blog saya segitu aja,,,,
Reply Delete
nice info gan, tambah pengetahuan baru nich.. makasih yach..
Oke sip gan.. Makasih..
Delete
Reply Delete
seep gan infonya, saya searching tune up dulu nih.
thanks ya
Lebih tepatnya bukan searching tapi browsing..
Delete
Reply Delete
Wah makasih gan cara2nya, ntar ane cobain ya...
Reply Delete
membersihkan sampah di pc pake advanced system optimezer paling top
Reply Delete
mas. untuk program utilites itu yang paling bagus apa?
TuneUp menduduki peringkat pertama, saran dari saya..
Delete
Reply Delete

Harap Baca Sebelum Komentar
=======================
- Sebelum berkomentar like, tweet, +1, share, follow google plus dulu ya
- Dilarang promosi/live link
- Dilarang berkata kotor
- Dilarang OOT (komentar yang tidak relevan tidak akan saya tampilkan)
- Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
=======================
TERIMA KASIH

Bck
Cancel Reply
Copyright © 2012- Blog Hertzer ZonE
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->