Tempat update ilmu dan informasi anda mengenai pengetahuan teknologi, komputer, internet, windows 8, blog, tips dan trik serta info gratisan

Mengenal Istilah-istilah Baru Pada Windows 8

Ditulis oleh Hertzer , Pada 1/09/2014 03:17:00 PM , Memiliki 6 comments
Windows 8 merupakan versi terbaru Microsoft Windows, serangkaian sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft. Pada windows 8 terdapat cukup banyak hal-hal yang baru mulai dari tampilan dan juga istilah-istilah baru pada windows 8.

Sebelum anda menginstal windows 8 dan menggunakannya, ada baiknya anda berkenalan terlebih dahulu dengan istilah-istilah baru yang ada pada windows 8. Hal ini bertujuan agar pada saat pemakaian anda tidak lagi canggung atau bingung dengan tampilan baru pada windows 8.

Baiklah kita mulai bahas satu per satu apa saja istilah-istilah baru yang terdapat pada windows 8. Berikut telah saya rangkum beberapa istilah pada windows 8 beserta definisi dari istilah tersebut.

1. Modern UI Style

Modern UI Style yang dulu bisa disebut sebagai Metro UI saya artikan sebagai istilah yang dipakai untuk memberi nama pada desain tampilan di windows 8. Jenis tampilan ini bisa kita lihat pada Start Screen pada windos 8.

2. Start Screen

start screen windows 8

Start Screen ini telah menggantikan Start Menu pada versi-versi windows sebelumnya, namun dengan beragam perbedaan dan kelebihan yang tidak terdapat pada windows versi lain sebelum windows 8. Pada Start Screen terdapat menu atau shortcut yang digunakan untuk membuka beragam aplikasi pada Windows 8. Start Screen akan muncul saat anda menekan tombol Windows pada keyboard anda. 

3. Lock Screen

Lock Screen ini merupakan screen atau layar yang akan muncul saat pertama kali anda menghidupkan komputer. Lock Screen juga muncul jika anda me-lock atau sign out dari user account anda yang aktif.

4. Log Screen

Log Screen ini merupakan screen atau layar yang akan muncul saat anda melakukan klik pada Lock Screen. Log screen ini merupakan tempat dimana pengguna akan diminta untuk memberikan password untuk membuka layar windows 8. Password yang digunakan bisa beragam, mulai dari sandi akun Microsoft/lokal, Sandi gambar (Baca : Cara Membuat Password Gambar di Windows 8), dan PIN. 

5. Charms

charm windows 8

Charms atau bisa disebut dengan shortcut tersembunya merupakan menu-menu tambahan yang tersembunyi dan akan muncul saat anda mengerahkan mouse ke bagian pojok pada Windows 8. Misalnya saat anda mengarahkan cursor mouse ke sudut kanan atas atau sudut kanan bawah Desktop, Start Screen atau Screen lainnya. Anda juga bisa memunculkan Charm dengan menekan beberapa tombol shortcut, misalnya tombol Windows + C. (tombol Windows dan huruf C pada keyboard).

6. Tiles

tiles windows 8

Tiles merupakan kotak-kotak kecil yang terdapat pada start screen yang berfungsi layaknya shortcut pada task bar maupun desktop. Besar kecilnya tiles juga dapat disetting dengan cara klik kanan pada tiles kemudian pilih larger atau smaller. Tiles ini juga dapat langsung dikoneksikan dengan internet untuk mendapatkan update dari Tiles yang sudah dikoneksikan dengan internet tadi. Tiles yang sudah otomatis terkoneksi dengan internet sering disebut sebagai Live Tiles. Untuk mengaktifkannya cukup dengan klik kanan pada Tiles lalu pilih Turn live tile of / on.

7. Windows 8 Apps Store

Apps Store merupakan tempat yang digunakan untuk mencari, mengunduh atau membeli aplikasi-aplikasi windows 8 secara resmi. Pada Windos 8 App Store terdapat cukup banyak aplikasi mulai dari yang gratis hingga berbayar.

8. Air Plane Mode

Air Plane Mode merupakan settingan yang direkomendasikan pada saat penerbangan pada pesawat terbang. Pada Air Plane Mode secara otomatis akan menyetting PC agar semua yang berhubungan dengan signal-signal yang dapat mengganggu penerbangan pesawat diturn of.

Itu tadi istilah-istilah baru yang perlu anda ketahui sebelum anda menggunakan windows 8. Jika ada istilah baru yang belum saya masukkan silahkan beri tahu saya melalui kolom komentar untuk saya tampilkan pada artikel ini. Semoga artikel mengenai istilah-istilah baru pada windows 8 ini dapat bermanfaat.
http://jamalnst.com/mengenal-istilah-istilah-windows-8
Buku : Karangan Athailah yang berjudul "250 Tip & Trik Windows 8"
Bantu share artikel ini:

Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Hertzer

Mengenal Istilah-istilah Baru Pada Windows 8

Ditulis oleh Hertzer , Pada Jam 1/09/2014 03:17:00 PM

Kategori Komputer , Laptop , Windows 8

Komentar 6 comments

HATI-HATI BAHAYA COPY PASTE!!!

Dilarang meng-copy paste artikel ini tanpa izin!

Jika anda ingin meng-copy artikel ini mohon disertai link ke blog ini.
6 comments Add a comment
sayang masih pake windows 7 bang. owh ya kalau yang bisa full permanent ada tipsnya gak bang/ bagi dong caranya
aktivasi windows 8 bisa dengan menggunakan skype..
Delete
Reply Delete
Windows 8 Keren, Booting cepet. tapi bikin pusing
pusing karena belum terbiasa aja..
Delete
Reply Delete
Saya belum pernah pake Windows 8. :D

Tapi kalau menurut saya, windows 8 itu lebih cocok digunakan pada gadget atau pc/laptop yg sudah support layar sentuh.
windows 8 memang dibuat untuk gadget touchscreen.
Delete
Reply Delete

Harap Baca Sebelum Komentar
=======================
- Sebelum berkomentar like, tweet, +1, share, follow google plus dulu ya
- Dilarang promosi/live link
- Dilarang berkata kotor
- Dilarang OOT (komentar yang tidak relevan tidak akan saya tampilkan)
- Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
=======================
TERIMA KASIH

Bck
Cancel Reply
Copyright © 2012- Blog Hertzer ZonE
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->