Tempat update ilmu dan informasi anda mengenai pengetahuan teknologi, komputer, internet, windows 8, blog, tips dan trik serta info gratisan

8 Fitur Windows 8 Yang Jarang Diketahui

Ditulis oleh Hertzer , Pada 9/25/2013 10:36:00 PM , Memiliki 5 comments
Penggemar windows 8 semakin hari semakin meningkat, namun masih banyak pengguna windows 8 yang tidak mengetahui fitur-fitur baru dan rahasia yang ada di windows 8 ini. Dan di sini saya akan mencoba memberikan informasi mengenai 8 fitur windows 8 yang jarang diketahui oleh penggunanya. Langsung saja kita bahas satu per satu fitur-fiturnya.

1. Hidden Quick Access Menu

Sudah banyak yang mengetahui jika tombol start pada windows 8 sudah dihilangkan, namun tak lantas tombol ini hilang begitu saja. Karena sebenarnya tombol start hanya disembunyikan saja. Dan pihak microsoft telah menambahkan fitur hidden quick access menu pada windows 8. Quick access menu ini memuat akses tersembunyi dari beberapa aplikasi sistem yang berguna seperti :
  • Programs and Features
  • Mobility Center
  • Power Options
  • Event Viewer
  • System
  • Device Manager
  • Disk Management
  • Computer Management
  • Command Prompt
  • Command Prompt (Admin)
  • Dan beberapa aplikasi lain
Untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai gambaran quick access menu ini, berikut contoh gambar quick access menu pada windows 8:

8 Fitur Windows 8 Yang Jarang Diketahui

Hal ini tentu akan memudahkan kita dalam mengakses aplikasi-aplikasi tersebut. Hidden quick access menu dapat kita buka dengan mengklik kanan pada bagian pojok kiri bawah layar windows 8 atau bisa juga dengan menggunakan shortcutnya yaitu Win + X .

2. Menjalankan 2 Aplikasi Berdampingan

Windows 8 memberikan fitur di mana kita bisa menjalankan 2 aplikasi secara bersamaan dengan cara membagi layar komputer menjadi 2. Bahkan pada windows 8.1, kita bisa menjalankan 3 atau 4 aplikasi secara bersamaan, tergantung ukuran layar.

8 Fitur Windows 8 Yang Jarang Diketahui

Dengan snap view pengguna bisa menjadikan tampilan aplikasi saling berdampingan sehingga memudahkan multitasking. Dengan kelebihan ini pengguna bisa tetap bekerja dengan bermacam aplikasi sambil internetan maupun chatting.

3. Password Dari Gambar

Windows 8 memberikan berbagai jenis sistem log in, yaitu sandi akun Microsoft/lokal, Sandi gambar dan PIN. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai password yang menggunakan gambar silahkan baca Cara Membuat Password Gambar di Windows 8. Di artikel tersebut juga terdapat tutorial membuat password dengan gambar.

4. Auto-Save Screenshots

Pada windows 8 ada fitur dimana kita akan lebih mudah mengambil gambar layar komputer atau yang lebih dikenal dengan screenshot. Hanya dengan menekan tombol Win + PrtSc maka otomatis gambar akan tersimpan di dalam folder gambar (defaultnya di C:\Users\herbanu\Pictures\screenshots). Fitur ini jelas memudahkan kita dalam pengambilan gambar pada layar komputer kita. Sebelum adanya fitur ini biasanya kita harus menggunakan paint atau aplikasi pengolah gambar untuk mem-paste gambar hasil screenshotnya. Jelas ini sangat ribet dan menyulitkan dibanding dengan fitur auto-save screenshots pada windows 8 ini yang begitu simpel dan mudah.

5. Membuat Aplikasi Groups di Start Screen

Ketika Anda pertama kali membuka layar Start, Anda akan melihat bahwa beberapa aplikasi Anda berada dalam "group" itu sendiri. Anda dapat membuat grup sendiri hanya dengan menyeret ikon sebuah aplikasi untuk ruang kosong pada layar Start untuk membuat grup sendiri. Jika Anda ingin nama group misalnya, Aplikasi, "Work" "Permainan", dan lain-lain, anda dapat melakukannya dengan mengklik tombol kecil di sudut kanan bawah layar dan klik kanan pada group itu..Untuk tutorial cara membuatnya akan saya jelaskan pada artikel beriikutnya.

8 Fitur Windows 8 Yang Jarang Diketahui

6. Close Applikasi Mudah

Dengan tampilan Metro, banyak fungsi dalam komputer yang berubah dari fungsi sebelumnya. Dan saya yakin banyak yang belum mengetahui cara meng-close atau menutup aplikasi pada windows 8. Karena tombol close pada aplikasi windows 8 tidak ada atau dihilangkan. Namun, ternyata ada cara menutup aplikasi pada windows 8 dengan sangat mudah. Pada windows 8 ini terdapat fitur baru yakni untuk keluar dari suatu aplikasi tak lagi harus mengklik tanda silang/close di ujung kanan atas layar. Tinggal menyeret dan membuangnya ke bagian bawah layar. Atau juga bisa dengan mengarahkan kursor ke bagian pojok lalu geser kursor ke atas atau bawah sampai muncul tampilan banyak aplikasi yang sedang aktif, lalu klik kanan pada aplikasi yang ingin kita close dan klik close. Sudah mengertikan sekarang bagaimana cara menutup aplikasi pada windows 8 dan jangan sampai tidak diclose ya aplikasinya, karena dapat memperberat kinerja komputer/laptop anda.

7. Shortcut Lengkap

Di dalam windows 8 terdapat banyak sekali kombinasi tombol shortcut untuk memudahkan penggunanya dalam bekerja. Untuk mengetahui daftar lengkap shortcut windows 8 silahkan baca Tombol Pintas Rahasia Atau Shortcut Pada Windows 8. Hampir semua tombol dari A sampai Z memiliki fungsinya sendiri-sendiri.

8. Pending (request silahkan/ada fitur yang kalian tahu dan tidak banyak diketahui silahkan share di komentar)

Komentar yang memberi saran fitur yang jarang diketahui akan saya tampilkan di sini beserta screenshotnya.
http://wisencare.blogspot.com/2013/03/10-fitur-rahasia-windows-8.html
http://topbagus.com/fitur-rahasia-windows-8-yang-tersembunyi/
Bantu share artikel ini:

Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Hertzer

8 Fitur Windows 8 Yang Jarang Diketahui

Ditulis oleh Hertzer , Pada Jam 9/25/2013 10:36:00 PM

Kategori Komputer , Science , Serba 8 , Teknologi , Windows 8

Komentar 5 comments

HATI-HATI BAHAYA COPY PASTE!!!

Dilarang meng-copy paste artikel ini tanpa izin!

Jika anda ingin meng-copy artikel ini mohon disertai link ke blog ini.
5 comments Add a comment
Wkwkwkwk kalau saya mah sudah tahu semua fitur itu, mulai dari hidden quick access menu itu malah saya sudah tahu dari Windows 7. Kalau di Windows 7 ketika menekan tombol Windows + X akan muncul Windows Mobility Center, kalau di Windows 8 muncul menu itu. :D
bagus deh kalo udah tahu.. tapi masih banyak pengguna windows 8 yang masih gaptek broo.. :D
Delete
Reply Delete
banyak juga ya gan?
Sebenarnya gak cuma ini.. masih banyak hal yang belum diketahui lagi..
Delete
Wuih, tambah ilmu gan.
Delete
Reply Delete

Harap Baca Sebelum Komentar
=======================
- Sebelum berkomentar like, tweet, +1, share, follow google plus dulu ya
- Dilarang promosi/live link
- Dilarang berkata kotor
- Dilarang OOT (komentar yang tidak relevan tidak akan saya tampilkan)
- Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
=======================
TERIMA KASIH

Bck
Cancel Reply
Copyright © 2012- Blog Hertzer ZonE
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->