Update ilmu dan informasi anda mengenai pengetahuan teknologi, komputer, internet, windows 8, blog, tips dan trik serta info gratisan

Sejarah Sistem Operasi Android

Ditulis oleh Mahardika W S , Pada 5/01/2014 02:06:00 PM , Memiliki 0 comments
Android adalah sistem operasi berbasis linux yang dirancang untuk perangkat seluler seperti smartphone atau komputar tablet. Dari sejak awal kemunculannya, android langsung melesat maju dan mengalahkan sistem operasi symbian dan Java yang dikembangkan oleh Nokia pada saat itu.

Hingga akhirnya, sistem operasi besutan Google itu menjadi sistem operasi paling populer pada saat ini. Bicara mengenai Android, apakah anda tahu tentang sejarah perkembangan Android? Jika belum, maka anda akan mendapatkan informasinya disini.

Sejarah Android
sejarah-android

Android merupakan sistem operasi pada smartphone dan tablet PC yang dikembangkan oleh raja internet didunia,yaitu Google. Saat ini android telah merajai pasar ponsel dunia dan mengalahkan dominasi Nokia yang telah merajai pasar ponsel dunia dalam beberapa 20 tahun terakhir. Perkembangan android dimulai pada Oktober 2003, pada saat itu, Android Inc. didirikan di Palo Alto, California, Amerika Serikat. Tahukah anda siapakah para pendiri Android ini? Mereka adalah Andy Rubin, Rick Miner, Nick Sears, dan Chris White.

Kemudian pada 5 November 2007, sebuah proyek yang terdiri dari beberapa perusahaan (seperti Intel, Nvdia) membentuk Open Handset Alliance, bekerjasama dengan Google yang mengembangkan sistem operasi Android dan resmi menjadi sebuah OS Opensource dan user interface tentunya.

Pada 12 November 2007, Android beta SDK di rilis pertam kali. Lalu pada 23 September 2008, HTC mengeluarkan ponsel dengan sistem operasi Android yang pertama dalam sejarah dengan menggunakan sistem android v1.0. Fitur-fitur yang ada pada Android v1.0 ini antara lain:
  • Integerasi dengan Google Services
  • Multi tasking, chatting, Wi-fi, bluetooth
  • Dukungan download dan update aplikasi di Android market
  • Web Browser untuk menampilkan, memperbesar, multiple-page halaman web, dan dukungan penuh HTML dan XHTML
  • Kemudian pada tanggal 9 Februari 2009 sistem android di Update menjadi versi Android 1.1 namun hanya untuk T-mobile G1. tidak lama kemudia, tepatnya tanggal 30 April 2009, Android Cupcake dirilis berdasarkan kernel Linux 2.6.27. Pada android 1.5 ini, ada beberapa fitur tambahan, antara lain:
  • Dilengkapi dengan kamera dan Capture image.
  • Pencarian lokasi dengan GPS semakin cepat
  • Adanya dukungan layar sentuh.
  • Fitur upload video ke youtube dan picasa.

Nama - nama setiap versi setiap android selalu dibuat menarik , Contohnya sebagai berikut :
1. Android Versi 1.1
Android memang diluncurkan pertama kali pada tahun 2007, namun sistem operasi ini mulai dirilis dan diterapkan ke berbagai gadget pada tanggal 9 Maret 2009 silam. Android versi 1.1 merupakan Android awal yang dimana versi ini baru memberikan sentuhan dibeberapa aplikasinya seperti sistem antar muka bagi pengguna (user interface) yang lebih baik, serta beberapa aplikasi yang lain.
2.Android versi 1.5 (Cupcake)Pada bulan Mei 2009 Android kembali mengalami perubahan versi. Android versi 1.1 kemudian disempurnakan dengan Android versi 1.5 atau yang dikenal sebagai Android Cupcake. Perubahan  yang terjadi pada sistem operasi Android Cupcake bisa dibilang cukup banyak. Diantaranya adalah sistem fasilitas mengunggah video ke Youtube, aplikasi headset nirkabel bluetooth, tampilan keyboard dilayar, serta tampilan gambar bergerak yang lebih atraktif. 
3.Android versi 1.6 (Donut)Donut (versi 1.6) diluncurkan dalam tempo kurang dari 4 bulan semenjak peluncuran perdana Android Cupcake, yaitu pada bulan September 2009. Android versi Donut memiliki beberapa fitur yang lebih baik dibanding dengan pendahulunya, yakni mampu menayangkan indikator baterai pada ponsel, pengguna dapat memilih dan menentukan file yang akan dihapus, zoom-in zoom-out gambar dengan membaca gerakan serta arah gerakan tangan (gesture), penggunaan koneksi CDMA/EVDO, dan lain sebagainya.
4.Android versi 2.0/2.1 (Eclair)Masih ditahun yang sama, Android kembali merilis operating sistem versi terbarunya, yaitu Android versi 2.0/2.1 Eclair. Android Eclair diluncurkan oleh Google 3 bulan setelah peluncuran Android versi 1.6. Dengan meluncurkan 4 versi ditahun yang sama, akhirnya begitu banyak perusahaan pengembang gadget atau handset yang mulai tertarik untuk menggunakan dan mengembangkan Android sebagai platform utama yang digunakan untuk handset-handset terbaru mereka. Inilah dimana era kebangkitan Android yang sempat mendobrak doktrin penggunaan sistem layar yang awalnya dipandang kurang user friendly bagi pengguna. 
5. Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)Butuh 5 bulan bagi Google untuk melakukan regenerasi dari Android Eclair versi sebelumnya ke versi Froyo Frozen Yoghurt. Pada tanggal 20 Mei 2010, Android versi 2.2 alias Android Froyo ini dirilis. Sistem operasi dengan julukan Froyo ini melakukan beberapa update dan juga pembenahan seputar aplikasi serta tampilannya. Keinginan untuk bisa menempatkan sebuah kartu ekspansi berbentuk slot Micro SD berkapasitas besar sudah bisa diwujudkan oleh OS versi ini.
6. Android versi 2.3 (Gingerbread)7bulan kemudian Android kembali melakukan gebrakan dengan merilis kembali Android versi 2.3 atau yang dikenal sebagai Android Gingerbread. dari segi tampilan Gingerbread jauh lebih atraktif dan sudah mampu mendukung fitur dual kamera untuk melakukan video call. Bukan hanya itu saja, Android Gingerbread juga mulai mengkonsentrasikan kepada kemampuan untuk meningkatkan mutu aplikasi-aplikasi permainan berbasis mobile android.
7. Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)Pada bulan Mei 2011 Android versi 3.0/3.1 atau Android Honeycom dirilis. Android Honeycomb merupakan sebuah sistem operasi Android yang tujuannya memang dikhususkan bagi penggunaan tablet berbasis Android. Halaman pengguna (user interface) yang digunakan pada Android versi ini juga sangat berbeda dengan yang digunakan pada smartphone Android. Hal tersebut tentu saja disebabkan oleh tampilan layar yang lebih besar pada tablet serta untuk mendukung penggunaan hardware dengan spesifikasi yang lebih tinggi yang digunakan pada perangkat tersebut.
8. Android versi 4.0 (ICS: Ice Cream Sandwich)Android ICS atau Ice Cream Sandwich juga dirilis pada tahun yang sama dengan Honeycomb, yaitu pada bulan Oktober 2011. Begitu banyak fitur-fitur terbaru yang disematkan pada sistem operasi ini, antara lain yaitu fitur yang memaksimalkan fotografi, grafis dan resolusi gambar, kualitas video, sistem pengenal wajah dan masih banyak lagi lainnya. 
9. Android versi 4.1 (Jelly Bean)Android Jelly Bean merupakan versi Android yang terbaru pada saat ini. Salah satu gadget yang menggunakan sistem operasi Jelly Bean adalah Google Nexus 7 yang diprakarsai oleh ASUS, vendor asal Taiwan yang juga menjadi teman satu kampung halaman dengan Acer. Fitur terbaru dari sistem operasi Android Jelly Bean ini salah satunya adalah peningkatan kemampuan on-screen keyboard yang lebih cepat serta lebih responsif, dan beberapa fiture keren lainnya.
10. Android versi 4.4 (KitKat) versi terbaruKehadiran android kitkat merupakan pelucuran produk OS anyar yang dilucurkan pada 4 september 2013, sebelumnya banyak kabar beredar jikalau android akan meluncurkan OS baru yang bernama Android Key Lime Pie namun setelah di analalisa tidak sesuai dengan ejaan orang umum, sehingga namanya diganti dengan OS Android KitKat yang sebagian besar orang sudah familiar dengan itu seperti yang dilangsing BBC dalam wawancaranya dengan John Lagerling selaku perwakilan dari google.  

Tentunya Versi - Versi ini akan semakin bertambah setiap tahunnya dan akan bermunculan versi - versi dengan nama yang lebih unik lagi.

Android telah menjadi smartphone yang paling banyak di gunakan di jaman ini dengan harganya yang lumayan terjangkau membuat masyarakat tergiur untuk membelinya.

Sekian Artikel dari Sejarah Android semoga dengan membaca artikel sederhana ini membuat anda lebih tau mengenai android.

http://id.wikipedia.org/wiki/Android_(sistem_operasi)
Bantu share artikel ini:

Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Mahardika W S

Sejarah Sistem Operasi Android

Ditulis oleh Mahardika W S , Pada Jam 5/01/2014 02:06:00 PM

Kategori Android , Perlu Tau

Komentar 0 comments

HATI-HATI BAHAYA COPY PASTE!!!

Dilarang meng-copy paste artikel ini tanpa izin!

Jika anda ingin meng-copy artikel ini mohon disertai link ke blog ini.
0 comments Add a comment

Harap Baca Sebelum Komentar
=======================
- Sebelum berkomentar like, tweet, +1, share, follow google plus dulu ya
- Dilarang promosi/live link
- Dilarang berkata kotor
- Dilarang OOT (komentar yang tidak relevan tidak akan saya tampilkan)
- Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
=======================
TERIMA KASIH

Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Blog Hertzer ZonE
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger